Beranda Kesehatan Fakta Seputar Ular Dan Tips Menangani Gigitan Ular Berbisa

Fakta Seputar Ular Dan Tips Menangani Gigitan Ular Berbisa

135
Tips mencegah digigit ular

Informasi seputar Ular – Ular ialah kelompok hewan reptil tidak berkaki bertubuh panjang dan termasuk hewan berbahaya yang tersebar luas di dunia. Maka banyak orang yang tertarik dan ingin mencari tau bagaimana tips merawat, mencegah dan mengusir atau cara mengatasi dan mengobati gigitan ular berbisa atau tidak berbisa.

Seperti dikutip dari wikipwdia bahwa secara ilmiah, semua jenis ular dikelompokkan dalam satu sub-ordo, yaitu Serpentes dan juga merupakan anggota dari ordo Squamata (reptilia bersisik) bersama dengan kadal. Sebagai sumber yang kami berikan dari tim detikpasti.com

Selain itu Ular juga dapat hidup pada segala habitat, mulai hutan, padang rumput, sungai, danau, laut, dataran tinggi, dataran rendah, sawah, perkebunan, padang pasir (gurun), hingga permukiman warga / manusia

Mengenal Informasi Seputar Ular Dan Habitat nya

Pada prinsipnya ular tidaklah termasuk sebagai hewan penganggu (hama) apalagi mengganggu manusia, karena sebenarnya ular takut pada manusia. Selain itu naluri ular bukan hewan mengejar mangsanya kecuali pada saat dia terancam.

Tapi fenomena yang sering terjadi bahwa bawah ular banyak muncul pada perumahan / pabrik, penyebabnya karena habitat mereka sudah makin sedikit. Lalu ditambah predator ular juga semakin sedikit sebagai rantai makanan. Memang Apa saja predator ular ? Predator ular bisa seperti Elang, burung hantu, biawak, garangan.

Mengenal makanan, siklus dan ruang lingkup ular

Pada umumnya makanan ular adalah Tikus, sehingga dimana ada tikus biasanya juga ada ular. Sebab dengan indra penciumannya yang kuat, ular dapat mencium bila ada keberadaan tikus disekitarnya.

Sedangkan masa perkembang biakan ular biasanya terjadi sekitar bulan November, Desember atau Januari yang mana biasanya pada waktu tersebut merupakan siklus ular menetas.

Bila sudah masuk musim penghujan yang mejadikan sarang ular terlalu basah, maka ular juga tidak suka. Jadi itu penyebab ular banyak muncul ke permukaan. Selain itu ular juga suka dengan tempat yang lembab dan banyak tumpukan barang.

Bahkan mau tumpukan apapun ular suka, mislanya kayu, ranting, kardus, seng, kain atau apapun. Karena ular bisa menjalar lewat ranting pohon, atau dinding rumah yg masih kasar. Jadi ular bisa menjangkau tumpukan benda itu semua.

Adapun mengenal ciri ular berbisa tinggi adalah jika kita terkena gigitan, darah yang keluar sedikit tapi mematikan. Sedangkan untuk ular yang tidak berbisa, bekas gigitan mengeluarkan banyak darah banyak.

Pencegahan hingga Mitos dan Fakta

Pada kenyataannya, ular adalah hewan dengan kulit bersisik. Selain itu reptil ini tidak takut terhadap garam seperti infomasi yang banyak di yakini pada kalangan masyarakat kita.

Padahal sesuatu yang justru dapat membuat ular kabur adalah wewangian. Jadi jika ular masuk ke dalam rumah, semprotkan wangi-wangian seperti parfum atau pewangi ruangan. Maka cara yang cukup ampuh untuk mengusir ular pergi dengan sendirinya

Maka seperti faktanya adalah Ular tidak takut pada garam / kapur ajaib / kamper. Tapi ular tidak suka dengan wewangian dan bau menyengat seperti obat semprot nyamuk. Selain itu juga ular tidak suka melewati permukaan yang kasar seperti IJUK (sapu lidi) karena akan menyakiti kulitnya.

Lalu ciri-ciri kalau ada sarang ular disekitar kita adalah pertama, kalau kita menemukan bekas sisik ular. Karena ular memiliki siklus pergantian kulit sebulan sekali dan akan meninggalkan kulit lamanya. Lalu ke dua kita menjumpai kotoran ular yang berciri-ciri kotorannya berbebtuk hitam padat, atau kotoran putih encer seperti kotoran burung).

Tambahan : ular suka masuk lewat lubang tikus.

Serta yang perlu di ketahui bawha informasi seputar ular lainya dalah binatan reptil ini tidak takut pada suara apapun.

Lalu bagaimana mengenai ular yang bergerak pada film India ketika meniupkankan suling ? — Jawabanya adalah karena si peniup seruling atau serulingnya itu sendiri nya bergerak. Jadi ular akan bergerak ketika kita atau benda yang dilihatnya bergerak.

Mengenali pergerkan ular

Ular memiliki kebiasaan akan mencari tempat bersarang untuk beristirhat setelah mendapatkan mangsa untuk waktu beberap lama. Namun dalam mencari mangsa, naluri ular berbisa keluar kapan saja siang dan malam.

Namun kalau untuk ciri-ciri ular tidak berbisa tinggi, biasanya keluar di sore hari mulai jam 3 sore , dan sehabis magrib.

Jadi jika tips jika kita sedang berkemah, maka jangan pasang tenda di dekat tumpukan batu. Juga sebaiknya menumpuk dan membiarkan sisa / bungkus makanan, karena mengundang ular untuk datang.

Lalu apakah api unggun bisa mencegah ular datang ?

Bisa ya,bisa tidak. Karena jika suhu dingin,ular malah akan mencari api untuk menghangatkan tubuhnya, itu karena ular termasuk tipe hewan yang berdarah dingin.

Bagaimana Bila ketemu ular ? dan harus apa?

  1. Diam = tidak melakukan gerkan apapun. Boleh berteriak, tapi jangan bergerak (seperti patung)
  2. Intai = Amati arah pergerkaan ular itu pergi dan segera menjauh apa bila sudah dalam posisi yang aman
  3. Menjauh = Ketika ular sudah mulai menjauh dan pergi, maka secepatnya menghubungi petugas ahli / damkar / penangkap ular (animal rescue)
  4. Mengamankan sendiri = Kalau Anda memang mampu untuk mengamankan, ambilah ember lalu tutup secara perlahan si ular dari arah kepalanya. Jangan timbulkan gerakan agresif dan pelan-pelan agar ular tidak merespon ada gerakan cepat.

Tambahan : Ular tidak akan mengejar asalkan kita diam dan tidak bergerak.

Cara Penanganan Atas Serangan / Gigitan Ular

Bagai mana menangani orang atau diri kita bila terkenan gigitan ular ?Terutama untuk ular Cobra misalnya yang sagat berbisa.

Perlu di ketahui bahwa gigitan ular kobra tidak mengeluarkan banyak darah banyak, tapi sensasi rasa nya terbakar dan panas.

Berikut beberapa informasi seputar ular yang perlu Anda lakukan dalam memberikan pertolongan pertama terhadap serangan atau gigitan hewan berbisa ini :

  1. Posisikan bagian yg kena gigitan lebih rendah dari posisi jantung. Misalnya tangan yg terkena, maka tangan arahkan terus turun ke bawah.
  2. Lilit dengan kain ( seperti orang patah tulang), kalo tidak bisa minimal ikat tidak terlalu kencang pada bagian di dekat gigitan agar bisa tidak beredar cepat.
  3. Bawa segera ke rumah sakit terdekat.
  4. Minum air putih, susu atau madu yang banyak.
  5. Jangan sampai tertidur, harus tetap posisi terjaga.

Tips tambahan :

Ular dapat menyemburkan bisanya dari jarak 2 m, jika terkena jangan mengucek jika mengenai bagian mata, tapi basuh dengan air keran mengalir. Sebab bisa ular dalam hitungan detik bisa mengkristal.

Penangan serangan Ular tidak berbisa

  1. Basuh gigitan ular pada air mengalir.
  2. Usahakan untuk membantu menghentikan pendarahan, misal dapat mengunyha dan pusang dan membalurkannya pada titik yang gigitan.
  3. Beri minum air putih yang banyak/ susu/ madu.
  4. Tetap terjaga.
  5. Bawa ke klinik atau rumah sakit terdekat

Tips Mencegah Ular masuk Kerumah dan Pekarangan

  1. Tata rumah dan lingkungan agar tetap bersih dan tidak menaruh / menumpukan barang-barang.
  2. Pampat setiap lubang lubang tikus dan jika perlu telusuri lubang dari sisi hulu, karena tikus suka membuat lubang yang bercabang banyak.
  3. Tutup semua lubang air, lubang selokan, lubang kamar mandi dengan kawat baja atau material yang kuat dan tahan jebol