Beranda Kesehatan Kehamilan 5 Jenis Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Tidak di Konsumsi Ibu Hamil

5 Jenis Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Tidak di Konsumsi Ibu Hamil

153
0
5 daftar jenis makanan dan yang dihindari saat masa-masa kehamilan

Saat masa-masa kehamilan, seorang calon ibu sangat di wajibkan menjaga kondisinya dengan baik. Baik itu kondisi si ibu itu sendiri dan juga janin dalam kandungannya. Salah satunya yaitu dengan memilih jeins makanan yang diasupnya.

Karena, setiap makanan yang di makan selain berpengaruh untuk diri sendiri. Tentunya juga akan berpengaruh pada kondisi perkembangan kehamilan dan janin dalam kandungan.

asupan yang dihindari pada masa kehamilan

Walaupun banyak jenis makanan yang dianjurkan, karena baik untuk mendukung kehamilan. Namun, juga ada yang berdampak kurang baik bahkan dapat membahayakan keadaan janin.

Jadi, sebaiknya hindari beberapa jenis makanan dan minuman di bawah ini yang sangat di anjurkan. Lalu, apa saja jenis makanan dan minuman yang sebaiknya tidak di konsumsi oleh ibu hamil ?

Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil

1. Makanan Mentah

masakan mentah yang tanpa dimasak dengan sempurna

Asupan yang tidak diolah secara sempurna atau matang, akan berpotensi menyisahkan bakteri yang merugikan. Sehingga akan sangat membahayakan untuk janin dalam kandungan.

Seperti bakteri Salmonela misalnya, akan berpeluang mengakibatkan infeksi cairan ketuban dan muntaber.

Walaupun Jarang diumpai kasusnya, namun Salmonella mampu menembus plasenta dan menginfeksi janin. Selain itu, daging yang olahannya masih setengah matang kan berpotensi masih mengandung bakteri merugikan. Misalnya seperti pasasit sejenis toksoplasma yang bisa membahayakan janin.

Contohnya : Telur setengah matang, Lalapan mentah, Danging Setengah Matang, dll.

2. Minuman yang Tidak di Pasteurisasi

Jenis asupan yang tidak melalui tahapan Pasteuresiasi dikhawatirkan masih berkembangnya bakteri, seperti E.coli dan salmonela.

Jenis makanan yang harus di Pasteurisasi yang biasa di konsumsi saat Ibu hamil adalah Susu dan Jus siap minum.

Walau susu memang sangat dibutuhkan ibu hamil, karena banyak mengandung vitamin danmineral yang dibutuhkan. Namun, qualitas susu yang tidak di di Pastureasi akan mudah rusak dan mudah menimbulkan jamur.

jus yang tanpa melalu proses Pasteuresiasi

Tips : Bila ingin mengkonsumsi minum jus, sebaiknya buatlah jus sendiri di rumah yang bisa di pantau ke sterilannya. Saat membuat jus pilihlah buah yang masih segar serta di cuci bersih. Tidak lupa juga buanglah apa bila terdapat bagian buah yang sudah kehiaman dan tidak berkualitas baik.

3. Ikan dengan Bermerkuri Tinggi

daftar ikan yang mengandung merkuri

Ikan memang mamakan yang banyak mengandung sumber protein yang bagus untuk tubuh. Sebab ikan kaya akan asam lemak dan omeg-3 nya.

Namun, ada beberapa jenis ikan yang mengandung merkuri cukup tinggi yang tidak boleh dimakan selama masa kehamilan. karena akan mengganggu perkembangan otak bayi. Sehinnga asupannya perlu dihidari atau dikurangi.

Contoh ikan yang memiliki bahan bermerkuri tinggi : Ikan Tuna Sirip Kuning, Ikan Tuna Bigeye, Ikan Makrel Raja, Ikan Hiu, Ikan Hiu, Ikan Todak.

Contoh ikan yang memiliki bahan bermerkuri sedang : Ikan Lele, Ikan Sarden, Tuna, Ikan Salmon, Ikan Bilis, Ikan Trout dan Ikan Nila.

4. Makanan Cepat Saji

hindari junk food untuk ibu hamil

Jenis makanan cepat saji atau fast food memang banyak di jumpai disekitar kita. Namun untuk ibu hamil sebaik harus bisa mengontrol untuk mengkonsumsinya.

Karena jika dikonsumsi secara berlebihan, kandungan lemak yang tersimpan dan menigkat akan berbahaya. Akan terjadi resiko menyebabkan obesitas, ukuran janin menjadi besar / maskrosomia, persalinan prematur hingga gangguan jantung.

Contohnya : Ayam goreng, kentang goreng, burger, sosis goreng, dll

5. Kafein dan Minuman Beralkohol

kopi berkafein tinggi tidak bagus untuk janin

Kafein adalah senyawa stimulan alami  atau Trimethylxanthine yang biasanya terdapat dalam kopi. Tapi taukah bahwa selain kopi seperti teh, soda, coklat juga merupkan sumber Kafein.

Zat dalam kafein bisa masuk kedalam plasenta dan akan mengakibatkan ganggaun pada detak jantung janin. Selai itu juga bisa mengakibatkan rendahnya berat badan bayi.

Sehingga bisa menyebabkan resiko keguguran kandungan hingga bayi lahir mati. Bila saat hamil mengkonsumi kafein berlebih.

Sedangkan untuk ibu hamil yang gemar meminum minuman beralkohol sangat tidak di anjurkan. Karena bayi yang lahir dari ibu yang mengkonsumsi alkohol akan meningkatkan resiko anak  lahir dalam keadaan fetal alcohol syndrom.

Bisanya ditandai dengan kelahiran bayi seperti kelainan bentuk wajah, kelainan jantung, dan gangguan mental.

5 daftar jenis makanan dan yang dihindari saat masa-masa kehamilan

Itulah sedikit informasi tentang makanan dan minuman yang sebaiknya tidak di konsumsi ibu hamil. Sebisa mungkin untuk mencoba menghindari terutama saat masa-masa kehamilan. Jagalah buah hati Anda sebaik-baiknya dengan menjaga pola asupan nutrisi yang memang di anjurkan.

Bila memang masih dibutuhkan silahkan berkonsultasi ke dokter terkait. Ikuti anjuran dan saran yang diberikan demi menjaga kesehatan, baik untuk sang ibu selama kehamilan dan janin dalam kandungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here