Beranda Lokasi Wisata Taman Bungkul Surabaya – Pesona Taman Di Tengah Kota

Taman Bungkul Surabaya – Pesona Taman Di Tengah Kota

131
0

Kapan Anda teakhir ke Surabaya?? Apa pernah singgah di Taman Bungkul Surabaya, dimana yang merupakan sebuah taman rekreasi di tengah kota. Berikut kami menceritakan sekilas tentang lokasi istimewa ini.

Taman Tengah Kota Dengan Fasilitas Lengkap

Taman Bungkul berdiri resmi sejak taggal 21 Maret 2007, bahkan sampai sekarang tempat ini tetap menarik dan memiliki pesona sendiri. Fasilitasnya cukup lengkap sebagai konsep taman di tengah kota. Adapun seperti adanya Track untuk Skate Board dan BMX Track, Jogging Track, zona untuk akses Wi-Fi gratis dan Pujasera.

Selain itu Green Park Area dilengkapi dengan kolam air mancur dan tempat sebagai taman bermain anak-anak. Jika kamu sendang datang lagi ke Surabaya, cobalah sempatkanlah untuk singgah ke lokasi taman ini.

Sejarah Taman Bungkul

Nama dari taman bungkul diambil dari nama seorang tokoh terkenal pada jaman dahulu. Dimana tokoh tersebut mempunyai peran dalam menyebarkan agama Islam di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Tokoh itu bernama asli Ki Ageng Supo yang mendapat gelar Sunan Bungkul atau juga disebut Mbah Bungkul oleh masyarakat Surabaya. Bahkan makamnya juga berada di belakang taman ini dan menjadi tempat makam yang sering di jadikan tujuan untuk ber ziarah makam.

Ki Sopo atau Ki Ageng Bungkul adalah seorang ulama besar pada masa Kerajaan Majapahit yang hidup di abad XV. Beliau ini merupkan saudara ipar dari Raden Rahmat atau yang disebut juga dengan Sunan Ampel.

Sewaktu hidupnya saat itu, Ki Ageng Bungkul pernah mengadakan sayembara. Bahwa siapapun pria bisa memetik buah delima pada pohon yang berada di pekarangan rumahnya. Maka, pria tersebut akan dikawinkan dengan putrinya yang cantik jelita bernama Dewi Wardah.

Namun ternyata pohon delima itu bukanlah pohon sembarangan, karena setiap orang yang memetik buahnya dipercayai akan meninggal. Tapi, rezeki tersebut berpihak pada Raden Paku alias Sunan Giri.

Keberhasilan Raden Paku karena secara tanpa sengaja saat beliau lewat di bawah pohon delima itu. Tiba-tiba saja melihat sebuah buah delima yang jatuh dan mengenai kepalanya. Lalu Raden Paku menyampaikannya ke Ki Ageng Bungkul dan gurunya, Sunan Ampel. Seusai kejadian tersebut, maka Raden Paku dinikahkan dan berhasil menjadi Suami dari Dewi Wardah.

Kelebihan Taman Bungkul Surabaya Yang Istimewa

Kota Surabaya memilki beberapa taman taman yang mempesona dan indah. Taman Bungkul Surabaya merupakan daftar taman yang cukup populer di kalangan warga Kota Pahlawan ini.

Sebenarnya ada beberapa Taman Kota lainnya lagi seperti dintaranya Taman Dolog atau disebut juga dengan nama Taman Pelangi Surabaya. Lalu juga ada Taman Flora atau yang dikenal juga dengan Kebun Bibit, Taman Prestasi, Taman Biliton atau Taman Lansia, Taman Undaan dan masih banyak yang lainnya.

Lalu kenapa Taman Bungkul ini bisa menjadi menarik perhatian dan seperti mempunyai keistimewaaan. Hal ini tak lain disebabkan karena Taman Bungkul Surabaya dinobatkan oleh PBB sebagai taman terbaik di dunia.

Taman yang berada di atas luas tanah sekitar 900 meter, warga Kota Pahlawan ini selalu dijadikan alternatife sebagai tempat bersantai dan bahkan juga untk berziarah.

Karena seperti sudah di tuliskan detikpasti.com diatas, bahwa terdapat makam Sunan Bungkul. Sebenarnya Taman Bungkul ini hanya menjadi tempat wisata religi. Namun, kemudian oleh Pemerintah Kota Surabaya dibuat konsep sebuah taman yang sekaligus yang bisa didatangi dan dimanfaatkan oleh pengunjung.

Artikel kami lainnya : Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi

Lalu apa yang membuat beda antara Taman Bungkul Surabaya dengan beberpa taman lainnya? Ini kami coba tuliskan kelebihan taman Bungkul Surabaya yang Istimewa:

1. Menjadi Pilihan Taman Bermain Anak

Terutama disetiap akhir pekan, bayak warga Kota Surabaya yang datang bermain disini. Banyak beberapa dari pengunjung yang membawa anakn-anak mereka, karena senang dengan lokasi Air Mancurnya.

Juga selain itu sering digelar juga panggung musik dan beragam acara menarik disini. Sehingga kemasan untuk berlibur disebuah taman cukup lengkap dimana banyak juga aneka pedagang makan.

2. Taman Bungkul Punya Fasilitas Wi-fi Gratis

Oh iya…. Taman Bungkul juga mempunyai fasilitas yang sangat bermanfaat bagi pengunjung untuk bersantai. Dimana fasilitas Wi-Fi cuma-cuma ini begitu mendukung untuk bagi pengunjung pelajar, mahasiswa bahkan pekerja kantoran atau pekerja pabrik.

3. Sentra PKL Tertata Rapi di Taman Bungkul Surabaya

Kulineran khas Jawa Timur begitu mudah di temui di taman ini, Taman Bungkul ada sentra PKL yang banyak menjual menu jajanan daerah Surabaya. Seperti Rujak Cingur, Lontong Mie, Lontong Balap Wonokromo, Semanggi Suroboyo, Nasi Pecel dan yang lainnnya.

Lokasi Corner Food atau Food Court tertata rapi dan membuat pengunjung betah berlama-lama jajan disini

4. Air minum gratis bagi pengunjung Taman Bungkul

Sehabis berolah raga dan haus, di tempat ini difasilitasi Wastafel yang airnya bisa langsung diminum. Sehingga untuk para pengunjung jangan khawatir bila persediaan air minum botol bawaannhya habis.

Instalasi air siap minum selalu bisa untuk mengisi ulang atau bahkan langusng diminum dikeran yang tersedia.

5. Berziarah Sambil Berwisata

Saat tujuan Anda adalah untuk berziarah, seperti sebagian tujuan kegiatan wisata religi yang ada disini. Sekaligus untuk untuk meberikan rasa penghrmatan kepada tokoh besar yang berjasa untuk agama dan bangsa. Dimana makamnya terletak di bagian belakang taman.

Lokasi Taman Bungkul Surabaya

Itulah sekilas tentang Taman Bungkul Surabaya yang Istimewa dan menjadi salah satu tempat obejk perwisataa taman di Surabaya. Dimana dengan adanya sebuah sejarah kisah tentang tokoh besardi belakang nama taman ini. Mampu menjadi mendatangkan pengunjung dan menjadikan tempat favorit warga di akhir pekan.

Ayo jangan lupa bagi pembaca yang mampir ke Kota Pahlawan, sempatkan untuk mampir ke Tamana Bungkul Surabaya ya….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here