Beranda Transportasi Angkutan Umum Informasi Resmi Tarif Baru Ojek Online Ditetapkan Per Tanggal 1 Mei 2019

Informasi Resmi Tarif Baru Ojek Online Ditetapkan Per Tanggal 1 Mei 2019

67
0

Baru-baru ini Kementrian Perhubungan (Kemenhub) mengumumkan tarif baru ojek online. Dimana tarif tersebut berlaku pertanggal 1 Mei 2019.

Alasan kenapa diberlkukannya baru tanggal 1 Mei “Karena pemerintah mempertimbangkan dampak masyarakat dalam menyesuaikan tarif yang baru.” Ujar Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi di Kantor Kemenhub dalam konferensi pers pada hari Senin 25 maret 2019.

Tarif Baru Ojek Online Per 1 Mei 2019

Zona I

  • Tarif Batas Bawah : Rp 1.850/Km
  • Tarif Batas Atas : Rp 2.300/Km
  • Biaya Jasa Minimal : Rp 7.000-Rp 10.000/Km

Zona II

  • Tarif Batas Bawah : Rp 2.000/Km
  • Tarif Batas Atas : Rp 2.500/Km
  • Biaya Jasa Minimal : Rp 8.000-Rp 10.000/Km

Zona III

  • Tarif Batas Bawah : Rp 2.100/Km
  • Tarif Batas Atas : Rp 2.600/Km
  • Biaya Jasa Minimal : Rp 7.000-Rp 10.000/Km

Memang peraturan tarif ini juga pastinya memilki polemik sendiri pada bagi internal perusahaan aplikator. Karena akan memperhitungan dari sisi kacamata bisnis transportasi berbasis online.

Namun rencana pemerintah mempunyai alasan yang kuat tentunya. Selain mempertimbangkan aspek sosial pastinya juga terkait dengan sarana transportasi lainya.

Seperti kita ketahui bahwa di Jakarta ada MRT yang baru diresmikan juga oleh Presiden. Jadi pemerintah memberikan kesempatan masyarakat untuk menyesuaikan jenis transportasi yang akan digunakan.

Regulasi Yang Mengimbangi Masing – Masing Sisi

Penerapan regulasi yang di samapaikan sebenarnya tidak mengenai tarif baru ojek online. Ada beberapa komponen yang diangakat dan dibicarakan dalam penguman tersebut.

Pelayanan

Pihak aplikator diharpkan bisa memfasilitasi mitra, dimana yang disini juga meliputi pengemudi dan penumpang.

Tarif Umum

Kemenhub juga menghimbau pihak aplikator tidak boleh melebihi batas atas yang sering dilkukan disituasi tertentu, seperti ketika hujan dan jam sibuk.

Layanan Pengaduan

Pemerintah juga menghimbau aplikator melengkapi dengan fiutur tombol darurat (Panic Button) di aplikasinya. Baik aplikasi untuk pengemudi atau aplikasi untuk penumpang.

Suspend

Penghentian operasional sementara hingga putus mitra. Pihak operatorrator harus mencantumkan SOP yang diberlakukan terhadap mitra, sperti :

  • Mencantumkan jenis sanksi.
  • Tingkat pemberian sanksi.
  • Tahapan pemberian sanksi.
  • Pencabutan sanksi.

Setelah resmi mengumumkan tarif ojek onlinebaru ini, pemerintah akan melakukan sosialiasi kedaerah-daerah mulai dari bulan April.

Fasilitas Kemitraan

Kedepannya pemerintah juga akan meminta pihak aplikator untuk memfasilitasi layanan kesehatan untuk mitra. Seperti BPJS Ketenagakerjaan & BPJS Kesehatan.

Baca juga : Rute Car Free Day di Jabodetabek

Iklim Bisnis Transportasi Ojek Online

Dalam membuat rencana tarif baru hingga mengumumkannya, tentu pemerintah juga mempunyai peran penting dalam menghadapi situasi perekonomian yang ada.

Siklus bisnis yang hangat dan tetap menjaga ritme perputaran perekonomian juga jadi bahan pertimbangannya. Mengingat moda tasnportasi ini memilki perputaran uang yang besar.

Karena jasa layanan tansportasi ojek online begitu memberikan dampak yang besar dari berbagai aspek. Mulai dari jenis layanan transportasi yang favorit hingga mampu menciptkana lapangan perkerjaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here