Beranda Umum Kalender Kalender Liburan 2019 – Informasi Jadwal Cuti Liburan di Tanggal Merah

Kalender Liburan 2019 – Informasi Jadwal Cuti Liburan di Tanggal Merah

1353
0
Jadwal Liburan di tahun 2019
Cuti bersama nasional dan hari libur tanggal merah 2019

Detikpasti.com – Berdasarkan informasi dari pemerintah dan dari berapa sumber mengenai kalender liburan 2019. Setidak nya ada 20 hari Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama yang telah di tetapkan.

Jadwal Liburan di tahun 2019

Berikut informasi Kalender Liburan 2019

Jadwa Liburan di tahun 2019
Cuti bersama nasional dan hari libur tanggal merah 2019

Daftar Tanggal merah dan Reverensi Cuti bersama

Hari / TanggalHari Libur
Selasa, 1 JanuariTahu Baru Masehi
Selasa, 5 FebruariTahun Baru Imlek
Kamis, 7 MaretHari Raya Nyepi
Rabu, 3 AprilIsra Mi’raj
Rabu, 17 AprilPemilu Serentak
Jumat, 19 AprilJumat Agung
Minggu, 21 AprilPaskah
Rabu, 1 Mei
Hari Buruh
Minggu, 19 MeiHari Raya Waisak
Kamis, 30 Mei
Kenaikan Isa Almasih
Sabtu , 1 JuniHari Kesaktian Pancasila
Senin – Selasa, 3 – 4 JuniCuti Bersama Lebaran
Rabu – Kamis, 5 – 6 JuniHari Raya Iedul Fitri
Jumat, 7 JuniCuti Bersama Lebaran
Minggu, 11 AgustuIedul Adha
Sabtu , 17 AgustusHari Kemerdekaan RI
Minggu, 1 SeptemberTahun Baru Islam
Sabtu, 9 NovemberMaulid Nab Muhamad SAW
Selasa, 24 DesemberCuti Bersama Natal
Rabu, 25 DesemberHari Natal

Tanggal merah yang beretepatan dengan hari libur :Sabtu ; 3 hari  danMinggu ; 4 hari

  1. minggu, 21 april – Hari Raya Paskah.
  2. minggu, 19 mei – Hari Raya Waisak.
  3. Sabtu, 1 Juni – Hari Kesaktian Pancasila.
  4. Minggu. 11 Agustus – Hari Raya Iedul Adha.
  5. Sabtu, 17 Agustus – Hari Kemerdekaan.
  6. Minggu, 1 September – Tahun Baru Islam.
  7. Sabtu, 9 November – Maulid Nabi Muhamad s.a.w.

Agenda Hari Libur Nasional dan Tanggal Merah

Tahun Baru Masehi.

1 Januari 2019 jatuh di hari Selasa, Anda dapat mengambil 1 hari libur di hari Selasa dengan menggabungkan tanggal merah. Anda bisa merecanakan moment pergantian tahun di tempat favorit.

Tahun Baru Imlek.

Di moment kalender liburan 2019 ini dengan mengambil cuti 1 hari dihari Senin, Anda mendapatkan 4 hari libur. Manfaatkan liburan panjang pada hari Sabtu, Minggu, Senin dan Selasa di long week end tersebut.

Hari Raya Nyepi.

Hari Raya Nyepi merupkan hari besar bagi umat Hindu pada setiap tahun di tahun Saka baru. Moment ini juga Anda menemukan long week end kembali, karena tanggal merah jatuh pada hari Kamis tgl 7 Maret. Tapi karena daerah Bali merupkan mayoritas pemeluk umat Hindu. Bila Bali merupkan target liburan, Anda akan merasakan suasan sepi di satu hari khusus tersebut. Tanpa ada fasilitas dan kegiatan masyarakat, termasuk wisata dan jadwal penerbangan seharian penuh

Isra Mi’raj.

Pada kalender liburan 2019 hari Isra Mi’raj ini jatuh pada Rabu, 3 April. Dimana salah satu tanggal merah yang merupakan acara keagamaan Umat Islam. Maka kalau berekreasi pada hari ini, Anda banyak melihat umat Islam di setiap daerah mengadakan acara keagamaan.

Jumat Agung.

Sebuah hari peringatan bagi keagmaan umat Kristen dan Katolik yang bertepatan pada tangal 19 April. Karena jatuh pada hari Jumat, maka kesempatan berlibur di akhir pekan 3 hari ini bisa Anda rencanakan.

Hari Buruh Internasional.

1 Mei dalam beberapa tahun belakangan ditetapkan menjadi Hari Libur Nasional / Tanggal Merah di Indonesia. Biasanya akan terjadi pemusatan masyarakat (pekerja) dalam menyampaikan pendapat untuk kesejahteraan. Lokasinya biasanya besentral di pusat-pusat kota di Indonesia. Sebaiknya hindari liburan berkeliling kota dengan route yang dilalui, untuk menghindari kemacetan lalu lintas.

Baca Juga : Route Car Free Day di Jabodetabek

Hari Raya Waisak.

Hari Waisak adalah hari besar keagamaan pemeluk agama Budha. Dimana pada hari ini semua umat Budha akan beribadah ke Kuil. Hari libur ini bertepatapan di hari Minggu, tanggal 19 mei 2019. Jadi sebenarnya tidak ada tambahan liburan bagi Anda. Namun, bagi Anda yang ingin melihat perayaan ini. Anda bisa mengunjungi kuil di pagi hari untuk menyaksikan secara langsung perayaan ini.

Hari Kenaikan Isa Almasih.

Akhir pekan dan liburan 4 hari bisa Anda dapatkan pada tanggal merah Hari Kenaikan Isa Almasih yang jatuh pada hari Kamis, tangal 30 Mei. Namun, bagi umat Islam tentunya ini sudah masuk Bulan Puasa Romadhon. Mungkin, kegiatan wisata religi bisa anda daptkan di hapir setiap kota di Indonesia.

Hari Raya Iedul Fitri (Lebaran).

Hari Iedul Fitri tahun 2019 di Indoensia jatuh pada tanggal 5-6 Juni, yaitu hari Rabu dan Kamis. Seminggu penuh mulai dari hari Senin sampai Minggu adalah moment yang sangat special. Tradisi Mudik Lebaran dilakukan bagi hampir seluruh umat Islam di Indoenesia pada moment ini.

Hari Iedul Adha.

Terlepas Anda mearayakan Iedul Adha atau tidak, karena memang tangggal merah ini jatuh di hari libur. Hari Sabtu tanggal 11 Agustus bisa Anda nikmati bukan selalu berpergian. Kumpul-kumpul bersama keluarga besar bisa dijadikan agenda yang seru.

Hari Kemerdekaan RI.

Hari yang khusus, dimana merupkan hari untuk meringati Proklamasi dan lahirnya negara Indonesia. Dimana juga bertepatan di hari libur yaitu Sabtu 17 Agustus. Beragam kerseruan ajang perlombaan dan kompetisi, banyak menghiasi hampir di seluruh tengah-tengah masyarakat kita.

Tahun Baru Hijriah / Tahun Baru Islam.

Salah satu tradisi keagamaan di Indoensia, dimana selaku bangsa yang dominan pemeluk Agama Islam. Maka tahun baru Hijriah atau 1 Muharam ini di jadikan tanggal merah yang bertepatan dengan hari Minggu, 1 September. Biasanya banyak riutal pemeluk agama Islam yang di lakukan di hari ini. Mulai dari parade busana muslim, Tausah, pembacaan Al-Qur’an yang diselenggarakan diberbagai element masyarakat.

Maulid Nabi Muhamad S.A.W.

Tahun 2019 dimana memperingati hari kelahiran Nabi Muhamad s.a.w yang jatuh pada hari Minggu, 10 November kalender Hijriah. Salah satu moment besar umat Islam ini juga ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional oleh pemerintah.

Hari Natal.

Setiap tahun umat Kristen dan Katolik merayakan hari Hari Raya Natal. Dimana merupakan hari klelahiran Yesus Kristus pada tanggal 25 Desember. Biasnya Kesempatan Libur Nasional ini juga di siasati dengan cuti akhir tahun. Banyak pelaku wisata meyuguhkan di malam pergantian tahun. Seperti hotel, tempat wisata dan lainnya.

Bagi Anda yang ingin melakukan rekreasi bersama keluarga dan kerabat. Tidak ada salahnya memanfaatkan moment Tanggal Merah diatas untuk menentukan tanggal yang pas. Buatlah kemasan wista se seru mungkin. Kemaslah itu semua dengan cara membuat paketan wisata yang menarik. Hingga menjadikan sebuah moment berkesan yang tak terlupkan.

Disetiap Hari Libur Nasional memilki hari khusus dimana bagi pihak yang terlibat secara langsung ataupun tidak. Jadi Kalender Liburan 2019 ini bisa di jadikan acuan cuti dan libur Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here